Posted in Uncategorized

THE STORY OF JOSEPH

Terkadang kalau kita baca di perjanjian lama, banyak ditemukan cerita tentang pahlawan-pahlawan iman, dan kenapa mereka di sebut seperti itu, karena mereka memilih utk tetap megikuti Tuhan bahkan saat menghadapi tekanan yg luar biasa sekalipun.
Kehidupan Yusuf memberikan kita sebuah contoh indah dari seseorang yang benar-benar berkomitmen untuk hidup saleh tanpa memandang keadaan yang dihadapi.
  • Di umur 17 th, dia punya mimpi, dan mimpinya di ceritakan kepada ayah dan saudara-saudaranya. Yusuf adalah contoh orang yang berani menceritakan tentang mimpinya, mimpi yang terlihatnya mustahil, dan di saat semua orang bilang ‘tidak mungkin ada mimpi seperti itu’, dia memilih untuk tetap percaya dengan mimpi yang diberikan Tuhan kepadanya.
  • Alkitab mengatakan bahwa Yusuf dibenci oleh saudara-saudaranya yang iri padanya sehingga dia di masukkan ke dalam sumur dan dijual oleh saudaranya sendiri ke negeri asing dan dia menjadi budak.
  • Saat dia berada di Mesir, tertulis di Kejadian 39, tuannya melihat bahwa Yusuf di berkati Tuhan, maka dia di bolehkan melayani tuannya dan di beri kuasa atas rumah dan segala miliknya.
  • Pada suatu hari dia mengalami cobaan, yaitu peristiwa dia di goda oleh tante potifar. Karena dia ingat akan mimpi yang besar yang Tuhan berikan kepadanya, dia bisa kabur dari godaan tersebut. Dia bisa menggunakan lonliness atau kepahitan atau mengasihani diri sendiri sebagai alasan untuk menyerah pada tante potifar, tapi dia tidak melakukannya. Dan pada akhirnya dia mendapat tuduhan dan dimasukkan penjara.
  • Tuhanpun tidak meninggalkan YusuF, malahan Dia menyertai Yusuf , tertulis di Kejadian 39:21, dan menjadi kesayangan kepala penjara.
  • Peristiwa mimpi Firaun. Suatu saat firaun bermimpi dan hanya Yusuflah yang bisa mengartikan mimpinya itu, karena Yusuf memiliki kualitas dan kapasitas batiniah yang sudah diuji dan ditempa dengan baik ( bisa di bilang dia memiliki ketajaman rohani), sehingga bisa menerjemahkan mimpi-mimpi itu, akhirnya dia di lantik menjadi  kuasa atas seluruh tanah mesir saat usianya 30 tahun. Cerita ini bisa dilihat di  Kejadian 41:39.
Yusuf menunjukkan karakter Allah melalui
1. KESETIAAN
Yusuf tetap setia dan percaya kepada Tuhan walaupun banyak masa-masa sulit yang di hadapinya.
2. INTEGRITAS
Dia mempunyai integritas sebagai pengikut Tuhan, sekalipun banyak cobaan dalam hidup dia.
3. HATI YANG MURNI
Dalam ujian kemurnian, banyak peristiwa yang menguji hati yusuf .
Dimulai dari di lempar ke sumur oleh saudara-saudaranya, dijual menjadi budak, masuk penjara, dan lain sebagianya. Tetapi hati Yusuf tetaplah murni. Dan kemurninya itu teruji, karena tidak terkontaminasi oleh hal-hal buruk atau bahkan kepahitan meskipun itu menjadi kesengsaraan yang luar biasa dalam kehidupannya.
4. KEMURAHAN
Yusuf adalah orang yang murah hati, karena dia masih mengampuni saudara-saudaranya meskipun perlakuan mereka sudah terlalu jahat terhadapnya.
Yusuf mempertahankan hati yang bersyukur dan mempercayai Tuhan dengan sungguh bahkan dalam situasi menyakitkan dia dipaksa untuk BERTAHAN.Disini jelas bahwa Tuhan mampu memberkati Yusuf dalam segala yang dilakukannya karena sikap hatinya benar. Semua orang di sekitar Yusuf menikmati berkat-berkat karena ia takut dan mentaati Tuhan.
Perkataan Yakub (Ayah Yusuf)  yang terdapat di kejadian 49.
Kejadian 49:22-28
22 Yusuf adalah seperti pohon buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya naik mengatasi tembok.
23 Walaupun pemanah-pemanah telah mengusiknya, memanahnya dan menyerbunya,
24 namun panahnya tetap kokoh dan lengan tangannya tinggal liat, oleh pertolongan Yang Mahakuat pelindung Yakub, oleh sebab gembalanya Gunung Batu Israel,
25 oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan.
26 Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

Dalam cerita Yusuf kita bisa belajar dan melihat seseorang yang bisa di jadikan model karena sifat-sifat baiknya, dan ia berjalan dalam kekudusan, menunggu dengan sabar, dan memelihara hati yang lembut dan berterima kasih di hadapan Tuhan.

YOU’LL SHINE EVEN BRIGHTER THAN BEFORE!! KEEP DOING GOOD THINGS.🙂

Author:

passionate about life, family, relationship and career :)

One thought on “THE STORY OF JOSEPH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s